iso 14001

Pengenalan Terhadap SNI ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan

Pengenalan Terhadap SNI ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan

SNI ISO 14001 adalah standar yang disepakati secara internasional dalam menerapkan persyaratan untuk sistem manajemen lingkungan (SML).

SML membantu organisasi msisemperbaiki kinerja lingkungan melalui penggunaan sumber daya yang lebih efisien dan pengurangan limbah, sehingga mendapatkan keunggulan kompetitif dan kepercayaan pemangku kepentingan.

Apa itu Sistem Manajemen Lingkungan?

Sistem Manajemen Lingkungan (SML) membantu organisasi mengidentifikasi, mengelola, memantau dan mengendalikan isu lingkungan secara holistik. Seperti sistem manajemen tipe lain yang dikeluarkan oleh ISO / International Organization for Standardization (seperti sistem manajemen mutu dan kesehatan dan keselamatan kerja), SML menggunakan “High Level Structure” yang sama. Arti SML dapat diintegrasikan dengan mudah kedalam sistem manajemen yang dikeluarkan oleh ISO.

SML cocok untuk berbagai jenis dan ukuran organisasi, baik privat, non-profit maupun pemerintahan. SML mensyaratkan organisasi mempertimbangkan semua isu lingkungan yang relevan dalam operasinya seperti pencemaran udara, isu air dan limbah cair, pengelolaan limbah, kontaminasi tanah, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, serta penggunaan dan efisiensi sumber daya. Seperti sistem standar manajemen dari ISO lainnya, SML membutuhkan perbaikan berkelanjutan pada pengelolaan lingkungan organisasi dan pendekatannya terhadap masalah lingkungan. SML pada tahun 2015 telah diperbaiki, dengan perbaikan utama seperti peningkatan kepentingan pengelolaan lingkungan kedalam proses perencanaan strategis organisasi, masukan yang lebih besar dari kepemimpinan dan komitmen yang lebih kuat untuk inisiatif yang proaktif dalam mendorong kinerja lingkungan.

Apa tujuan SML?

– Meningkatkan kinerja lingkungan

– Memenuhi kewajiban penaatan

– Mencapai tujuan lingkungan

Apa keuntungan yang diperoleh bagi organisasi/perusahaan yang menerapkan SML?

Banyak alasan mengapa suatu organisasi sebaiknya mengambil kesepakatan strategis untuk meningkatkan kinerja lingkungannya. Para pengguna telah melaporkan bahwa SML membantu:

– Memperagakan ketaatan terhadap persyatan peraturan perundang-undangan saat ini maupun masa datang.